Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas I Semester 1 Sekolah Dasar

Mardikarini, Sasi (2016) Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas I Semester 1 Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sasi-mardikari-14712251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) nilai-nilai karakter pada buku pegangan guru, 2) nilai-nilai karakter pada buku pegangan siswa, dan 3) kesesuaian nilai-nilai karakter pada buku teks Kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas I semester 1 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah buku teks Kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas I semester 1 sekolah dasar. Terdiri dari empat tema, yaitu tema diriku, tema kegemaranku, tema kegiatanku, dan tema keluargaku. Unit analisis dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku teks tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen penelitian ini berupa rubrik analisis dokumen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas semantik dan pemeriksaan ahli. Reliabilitas penelitian ini berupa reliabilitas stabilitas dan reliabilitas replikabilitas. Teknik analisis konten terdiri dari 1) pengadaan data (penentuan unit analisis, penentuan sampel, dan perekaman/pencatatan), 2) reduksi data, 3) inferensi, 4) analisis data. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut. 1) Buku pegangan guru dalam setiap tema telah mengembangkan semua nilai karakter, yaitu nilai religiusitas, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kesantunan, kepedulian dan kepercayaan diri. Terdapat beberapa nilai karakter lain yang muncul, yaitu nilai bekerja sama, teliti, cermat, sportif, rasa ingin tahu, kasih sayang, dan tidak mudah menyerah. 2) Buku pegangan siswa pada tema diriku dan keluargaku tidak mengembangkan nilai kejujuran, sedangkan tema kegemaranku dan kegiatanku tidak mengembangkan nilai tanggung jawab. Nilai kepercayaan diri muncul dengan frekuensi terbanyak pada buku pegangan guru maupun buku pegangan siswa. Nilai kejujuran muncul dengan frekuensi paling sedikit pada buku guru dan buku siswa. 3) Nilai karakter pada buku pegangan guru dan pegangan siswa tema diriku dan kegemaranku telah sesuai, sedangkan pada tema kegiatanku dan keluargaku masih terdapat nilai karakter yang belum sesuai antara buku guru dan buku siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, buku teks Kurikulum 2013, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:47
Last Modified: 09 May 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38593

Actions (login required)

View Item View Item