Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di SMPN 2 Depok, Sleman

Palunga, Rina (2016) Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di SMPN 2 Depok, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-palunga-14730251011.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) peran guru sebagai teladan dalam pengembangan karakter peserta didik dan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter peserta didik di SMPN 2 Depok, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Agama, guru PPKn, guru BK, wali kelas, peserta didik, dan ketua komite di SMPN 2 Depok, Sleman. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman yang meliputi langkah- langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Peran guru sebagai teladan ditunjukkan oleh tutur kata, sikap, dan kepribadiannya, seperti sopan santun, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, serta kepedulian terhadap peserta didik dan orang lain. Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik diupayakan melalui keteladanan berkarakter dan berbagai kegiatan yang terkait dengan pendidikan karakter. (2) Faktor yang mendukung pengembangan karakter peserta didik yaitu, adanya komitmen warga sekolah, standar isi kurikulum, kepemimpinan kepala sekolah, dan kebersamaan. Faktor penghambat pengembangan karakter peserta didik adalah: terbatasnya sumber dana, kurangnya kepedulian orang tua, dan sikap apatis dari beberapa guru dan peserta didik. Untuk mengatasi hambatan dalam pengembangan karakter peserta didik adanya komunikasi dan kerja sama dari seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar. Sekolah perlu meningkatkan layanan kepada peserta didik, terbuka, menanamkan kesadaran, dan memberikan motivasi kepada peserta didik melalui kegiatan pendidikan karakter, guru BK, wali kelas, guru agama, guru PPKn dan penyuluhan yang mendatangkan nara sumber, dari kepolisian, BNN, puskesmas atau dinas kesehatan, dan bimbingan belajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peran guru, keteladanan guru, peserta didik yang berkarakter
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:35
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38584

Actions (login required)

View Item View Item