TINGKAT KREATIVITAS SISWA DAN SISWI DALAM MENGGUNAKAN BOLA DAN SIMPAI DI SMP NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yanu Irawan (2016) TINGKAT KREATIVITAS SISWA DAN SISWI DALAM MENGGUNAKAN BOLA DAN SIMPAI DI SMP NEGERI 1 KRETEK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
yanu finish.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini cara menggunakan sarana dan prasarana yang rendah disekolah merupakan sebuah permasalahan dalam proses pembelajaran penjas. Oleh karenanya pembelajaran penjas belum bisa berjalan optimal sehingga perlunya kreativitas untuk memanfatkan sarana dan prasarana yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kreativitas siswa dan siswi dalam menggunakan bola dan simpai di SMP Negeri 1 Kretek Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Instrumen dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan tes kreativitas siswa dalam menggunakan bola dan simpai dari Ibnu Dwi Prasetyo dengan validitas sebesar 0,80 dan reliabilitas sebesar 0,955.Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi SMP Negeri 1 Kretek sebanyak 48 anak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh tingkat kreativitas siswa dan siswi SMP 1 Kretek dalam menggunakan bola sebagian besar berada pada kategori tinggi sebesar 31,25 %, sedang 35,41 %, rendah 8,33%. Tingkat kreativitas siswa dan siswi SMP 1 Kretek dalam menggunakan simpai sebagian besar berada pada kategori tinggi sebesar 33,33 %, sedang 31,25% dan rendah 29,17%. Tingkat kreativitas siswa dan siswi SMP 1 Kretek dalam menggunakan cone sebagian besar berada pada kategori tinggi sebesar 37,5 %, sedang 22,92% dan rendah 27,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kreativitas, siswi SMP, alat olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38187

Actions (login required)

View Item View Item