NILAI KREATIVITAS DALAM SIMBOL LUKISAN ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK KEMALA BHAYANGKARI 04 YOGYAKARTA

Puspitasari, Herdhika (2012) NILAI KREATIVITAS DALAM SIMBOL LUKISAN ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK KEMALA BHAYANGKARI 04 YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Herdhika Puspitasari_08206241001.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

NILAI KREATIVITAS DALAM SIMBOL LUKISAN ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK KEMALA BHAYANGKARI 04 YOGYAKARTA Oleh Herdhika Puspitasari NIM 08206241001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kreativitas dalam simbol lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta, dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kreativitas simbol bentuk dan warna dalam lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta, sehingga layak menjadi acuan dalam pembelajaran seni lukis di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 anak dengan objeknya adalah lukisan karya 12 anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta. Penelitian difokuskan pada simbol bentuk dan warna dalam lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan dan membahas simbol bentuk dan warna dalam lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta, lalu dibandingkan dengan hasil wawancara dengan guru dan kajian teori. Keabsahan data diperoleh melalui expert judgment dan pengecekan dengan mewawancarai 12 anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan simbol bentuk mewakili objek-objek tertentu dalam lingkungannya. Simbol warna, digunakan bukan karena anak ingin memberikan warna tetapi karena ingin menggunakan warna sesuai keinginan perasaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kreativitas dalam simbol lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta adalah 1) kreativitas merasakan, 2) kreativitas mengutarakan pendapat, 3) kreativitas berimajinasi dan berkhayal, 4) kreativitas memahami bentuk sekitar, 5) kreativitas bermain dan belajar. 12 lukisan anak TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta seluruhnya mengandung kelima nilai kreativitas diatas, tetapi masing-masing karya lebih cenderung mempunyai nilai kreativitas sebagai berikut : karya 1 memenuhi nilai kreativitas ke- 1, 3, 5. Karya 2 memenuhi nilai kreativitas ke-1 dan 5. Karya 3 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 4, 5. Karya 4 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 2, 5. Karya 5 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 3, 5. Karya 6 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 2, 5. Karya 7 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 4, 5. Karya 8 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 4, 5. Karya 9 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 3, 5. Karya 10 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 4, 5. Karya 11 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 2, 3 dan 5. Karya 12 memenuhi nilai kreativitas ke-1, 3, 5. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah nilai kreativitas di TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta adalah tinggi, dari 12 lukisan yang dominan nilai kreativitasnya adalah karya Amalia Realina yang berjudul “Menyelam”. Kata Kunci: Nilai Kreativitas, Simbol, Lukisan anak TK

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Kreativitas, Simbol, Lukisan anak TK
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 10:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38056

Actions (login required)

View Item View Item