Pengembangan Bahan Ajar Permainan Bola Besar untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Peserta Didik Tunagrahita di SDLB Kelas V Kabupaten Bantul

Wijaya, Wakhid Danu (2016) Pengembangan Bahan Ajar Permainan Bola Besar untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Peserta Didik Tunagrahita di SDLB Kelas V Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wakhid-danu-wijaya-14711251099.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan bahan ajar permainan bola besar untuk pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan peserta didik tunagrahita di SDLB kelas V Kabupaten Bantul, dan (2) mengetahui efektivitas bahan ajar permainan bola besar untuk pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan peserta didik tunagrahita di SDLB kelas V Kabupaten Bantul. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) perencanaan dan desain draf awal, (c) validasi draf awal, (d) uji coba lapangan skala kecil, (e) revisi produk, (f) uji coba lapangan skala besar, (g) revisi produk, (h) pembuatan produk final, dan (i) uji efektivitas. Subjek uji coba skala kecil adalah empat peserta didik tunagrahita kelas V di SLB Bina Siwi. Subjek uji coba skala besar adalah tiga belas peserta didik tunagrahita kelas V di SLB Bangun Putra dan SLB Sekar Teratai 1. Pengumpulan data menggunakan angket yang diisi oleh pakar dan praktisi, serta lembar penilaian produk bahan ajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif serta uji Wilcoxon. Hasil penelitian bahan ajar permainan bola besar untuk pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan peserta didik tunagrahita kelas V dikemas dalam DVD pembelajaran dan buku panduan dengan prosedur pelaksanaan, terdiri dari: (1) pembukaan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, pemanasan dengan melakukan gerakan sambil bernyanyi lagu “naik delman”, (2) inti: EEK. Eksplorasi dengan permainan bola suka-suka. Elaborasi dengan permainan bola kejar, permainan bola panas, permainan bola lingkar, permainan bola warna, dan permainan bola target. Konfirmasi dengan menanyakan materi pembelajaran yang telah berlangsung. (3) Penutup: evaluasi, pendinginan dengan melakukan gerakan sambil bernyanyi “naik-naik ke puncak gunung”, berbaris, tugas-tugas, berdoa, dan dibubarkan. (4) Penilaian: aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotor. Bahan ajar permainan bola besar sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik tunagrahita dan pelaksanaannya mudah, aman, menarik, serta menyenangkan. Bahan ajar permainan bola besar juga dapat meningkatkan aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotor. Terbukti dari hasil uji efektivitas penilaian rata-rata hari ketiga lebih besar daripada penilaian rata-rata hari pertama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, permainan bola besar, pembelajaran penjasorkes, peserta didik tunagrahita, SDLB
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:56
Last Modified: 09 May 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38028

Actions (login required)

View Item View Item