PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD N NGANCAR 1 GIRIWOYO WONOGIRI

Rosyid, Muhammad (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD N NGANCAR 1 GIRIWOYO WONOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rosyid.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kreativitas menggambar ilustrasi siswa kelas IV SD N Ngancar 1 masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah guru terlalu mendominasi pembelajaran yang dilaksanakan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar ilustrasi dalam mata pelajaran SBK sekaligus memperbaiki proses pembelajaran melalui penggunaan metode inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV SD N Ngancar 1 Giriwoyo Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Ngancar 1 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas menggambar ilustrasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas menggambar ilustrasi siswa kelas IV melalui penerapan metode inkuiri terbimbing. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas menggambar ilustrasi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan persentase rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 63,2%, siklus I sebesar 75,2% dan pada siklus II menjadi 82,66%. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 40%, siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai 87%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 19,46% . Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas guru yaitu dari siklus I sebesar 76% menjadi 87,5% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Sedangkan peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 63% menjadi 76,5% pada siklus II dengan kategori baik. Kata kunci: kreativitas menggambar, gambar ilustrasi, metode inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37934

Actions (login required)

View Item View Item