PENGARUH PERILAKU PROSOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN PAJANGAN

Handayani, Priliana (2016) PENGARUH PERILAKU PROSOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN PAJANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Priliana Handayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pajangan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data menggunakan skala psikologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Pajangan, dengan jumlah populasi sebanyak 338 siswa. Sampel peneliltian yang digunakan sebanyak 172 siswa. Uji validitas yang digunakan menggunakan uji validitas konstruk, instrument dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli (expert judgment) kemudian diujicobakan pada responden dan dianalisis menggunakan rumus korelasi produk moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikoleniaritas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regesi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pada perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pajangan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengaruh perilaku prososial terhadap penerimaan teman sebaya menunjukkan hasil R square sebesar 0,468 dan p 0,000 sehingga sumbangan efektifnya sebesar 46,8%. Pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya menunjukkan hasil R square sebesar 0,310 dan p 0,000 sehingga sumbangan efektifnya sebesar 31%. Pengaruh perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya menunjukkan hasil R square sebesar 0,703 dan p 0,000 sehingga sumbangan efektifnya sebesar 70,3%. Kata kunci : Perilaku prososial, kepercayaan diri, dan penerimaan teman sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36892

Actions (login required)

View Item View Item