PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA

Mundilarto, Mundilarto and Suharyanto, M.Pd (2015) PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Cover Laporan Outdoor Learning.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Outdoor Learning -Kuning Kunyit-.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan pedoman pengelolaan model outdoor learning sebagai upaya menumbuhkan sikap spiritual dan sosial melalui implementasi pembelajaran fisika. Produk berupa buku panduan pengembangan model terdiri atas deskripsi tentang pelaksanaan outdoor learning dan pengembangan perangkat pembelajarannya yang mencakup silabus, RPP, LKS, serta instrumen penilaian sikap spiritual dan sosial. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan research and development. Subjek penelitiannya adalah siswa di kelas X dan XI MIA pada empat sekolah SMA di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan analisis kebutuhan, analisis kharakteristik siswa, analisis kurikulum melalui identifikasi kompetensi dasar, dan indikator, serta konsep-konsep fisika yang cocok dengan outdoor learning, serta tahap perancangan awal produk dan validasi produk. Kesimpulan penelitian perangkat pembelajaran fisika model outdoor learning berbasis game, fieldwork, project, dan role playing berturut-turut pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar berdasarkan penilaian dari validator yaitu dosen dan guru fisika di SMA dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial. Model pembelajaran outdoor learning berbasis game, fieldwork, project, dan role playing berturut-turut pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar dapat menumbuhkan kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial dengan persentase ketercapaian yang tinggi. Dihasilkan buku pedoman pengelolaan model outdoor learning berbasis game, fieldwork, project, dan role playing berturutturut pada materi elastisitas, fluida dinamis, hidrostatika, dan gerak melingkar untuk pencapaian kompetensi inti terutama sikap spiritual dan sikap sosial.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2015
Uncontrolled Keywords: outdoor learning, sikap spiritual dan sikap sosial, pembelajaran fisika
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Jul 2016 01:06
Last Modified: 20 Jul 2016 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36773

Actions (login required)

View Item View Item