PENELUSURAN KONSEPSI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Awan, Hariono and Eka, Novita Indra and Widiyanto, Widiyanto and Herka Maya, Jatmika (2015) PENELUSURAN KONSEPSI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
penelusuran konsepsi evaluasi pembelajaran pada guru pendidikan jasmani sd negeri di DIY. Awan Ha.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani telah secara ideal senyatanya sejajar dengan mata ajar lainnya. Tidak dapat diingkari bahwa mata ajar ini merupakan mata ajar yang memiliki tujuan utama yakni menjadikan anak didik sebagai “intellegent movers”. Tujuan tersebut didapatkan melalui aktivitas jasmani yang mewujud dalam sebuah wadah bermain, olahraga, dan permainan. Untuk dapat memberikan hal itu, guru pendidikan jasmani menjadi sosok yang mampu menterjemahkan materi ajar hingga kemudian memaknainya sebagai suatu hasil. Penelitian ini secara khusus memotret pemahaman para guru tersebut mengenai konsep evaluasi dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) sebagai instrument utama dalam menelusuri data pemahaman dari para guru. Mengingat FGD memiliki kelebihan untuk menelisik secara lebih mendalam disertai dengan argumen verbal yang senyatanya dari responden. Subjek yang digunakan adalah 25 orang guru pendidikan jasmani yang di Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi wilayah Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta. Para guru tersebut mengajar pada jenjang sekolah dasar negeri dan swasta. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasilnya bahwa secara umum hampir semua guru masih bersandar pada konsep pendidikan jasmani adalah mata ajar yang mengajarkan keterampilan olahraga dan bertujuan untuk kebugaran. Evaluasi dimaknai sebagai kegiatan pengkuatitatifan capaian anak didik tanpa memberikan makna akan capaian tersebut. Akibatnya, evaluasi penjas terhenti pada perumusan nilai dengan tidak disertai deskripsi kualitatif dan tindak lanjut. Temuan lain menunjukkan bahwa letak geografis sekolah berkontribusi terhadap mekanisme pengajaran pendidikan jasmani dan kapasitas pedagogis gurunya.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Akhir Penelitian Pusdi UNY 2015
Uncontrolled Keywords: Konsepsi evaluasi Penjas, Guru PJOK Sekolah Dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 05:06
Last Modified: 19 Jul 2016 05:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36732

Actions (login required)

View Item View Item