Pengaruh Metode Eksperimen Laboratorium Biologi sebagai Proses Pelaksanaan Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Jamur Kelas X SMA Giovanni Kupang

Ugha, Anastasia (2016) Pengaruh Metode Eksperimen Laboratorium Biologi sebagai Proses Pelaksanaan Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Jamur Kelas X SMA Giovanni Kupang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anastasia-ugha-14725251008.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen laboratorium biologi sebagai proses pelaksanaan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi jamur kelas X SMA Giovanni Kupang dan mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen laboratorium biologi sebagai proses pelaksanaan inkuiri terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi jamur kelas X SMA Giovanni Kupang. Jenis penelitian ini adalah Nonrandomized Subject, Pretest-Posttest Control-Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Giovanni Kupang tahun ajaran 2015/2016. Sampel dipilih menggunakan teknik samples of convenience sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan metode eksperiemen dengan proses inkuiri dan kelompok kontrol diberi perlakuan berupa penggunaan metode eksperimen tanpa proses inkuiri. Aspek kemampuan berpikir kritis yang dinilai yaitu mengidentifikasi, menafsirkan, menerapkan, berpikir analitik, dan sintesis. Aspek pemahaman konsep yang diteliti yaitu mengingat dan memahami. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analysis of covariance (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode eksperimen laboratorium biologi sebagai proses pelaksanaan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA Giovanni Kupang. Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada kelas yang menerapkan metode eksperimen dengan proses inkuiri lebih baik daripada kelas yang menerapkan metode eksperimen tanpa inkuiri

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, inkuiri, materi jamur, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:37
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36680

Actions (login required)

View Item View Item