Mami, Hajaroh and Rukiyati, Rukiyati and L. Andriani, Purwastuti, M.Hum. and Bambang, Saptono, M.Si. (2015) PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KAWASAN PESISIR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
lap akhir stranas 15 print.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah mengembangkan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisisr Indonesia. Dengan sekolah ramah anak maka anak akan aman dan nyaman berada di sekolah sehingga anak dapat belajar dengan baik. Target khusus yang ingin dicapai adalah: 1) Mengembangkan konsep sekolah ramah anak sesuai dengan konteks budaya daerah pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta; 2) Mengenalkan konsep sekolah ramah anak pada guru dan stakeholder Sekolah Dasar di daerah pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta; 3) Menanamkan nilai-nilai respek antara anak dengan anak, anakd engan guru, dan guru dengan guru dalam lingkungan sekolah. Manfaat penelitian adalah: 1) Menemukan model Sekolah Ramah Anak di Indonesia dengan konteks budaya pesisir, mengingat wilayah Indonesia sebagian besar merupakan wilayah laut; 2) Menciptakan Sekolah Ramah Anak di Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian inimerupakan penelitan pengembangan tahap pertama yakni tahap define dan design. Tahap Define meliputi: a) Menyusun konsep kultur pendidikan di daerah pesisir dan b) Menyusun draf Indikator Sekolah Ramah anak dengan konteks budaya pesisir. Tahap design meliputi: a) Menyusun desain Indikator Sekolah Ramah anak dengan konteks budaya pesisir, data dikumpulan dengan Focus Group Discussion. b) Validasi desain dilakukan terhadap ekspert dan analisis eksploratory; dan c) Desain model sekolah ramah anak dengan konteks budaya daerah pesisir dengan analisis eksploratory. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi indikator sekolah ramah Anak dilakukan bersama guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah ditemukan 14 variabel dan indikator sekolah ramah anak dii kawasan pesisir DIY yang fit. Variabel tersebut meliputi: 1. Pembelajaran Kontekstual dengan 10 indikator; 2. Pendekatan Metode dan Media yang berpusat pada Anak dengan 10 indikator; 3. Memperhatikan Individual dengan 10 indikator; 4. Keteladanan Guru dengan 10 indikator; 5. Peraturan Sekolah Ramah Anak dengan 11 indikator; 6. Lingkungan yang Sehatd engan 8 indikator; 7. Lingkungan yang Aman dengan 11 indikator; 8. Kebijakan sekolah untuk Lingkungan yang ramah anak dengan 9 indikator; 9. Pengasuhan dengan 10 indikator; 10. Partisipasi orang tua dengan 10 indikator; 11.Partisipasi Masyarakat dan Aparat Pemerintah dengan 10 indikator; 12. Kebijakan pemerintah, pemda, yayasan dengan 11 indikator; 13.Terbuka terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; 14.Terbuka dalam Penerimaan Siswa Baru dengan 5 indikator.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Strategis Nasional 2015 |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Ramah Anak, Indikator, Variabel. |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36397 |
Actions (login required)
View Item |