PENGEMBANGAN BAHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Jamilah, M.Pd. and Suharso, Pudjo (2015) PENGEMBANGAN BAHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. [Experiment/Research]

[img] Text
2. Abstrak.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
1.laporan hiber 2015 lengkap.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terselenggaranya pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi yang mampu menciptakan keterampilan dan kemandirian belajar mahasiswa yang akan mendukung penguasaan bidang studi mereka. Target khusus penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar Bahasa Inggris yang berbasis analisis kebutuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Reasearch and Development) yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta yang melibatkan dosen, mahasiswa di lingkungan UNY. Pemilihan sampel mahasiswa yang dijadikan responden dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sedangkan responden dari dosen dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kusioner, observasi dan interviu, dan focus group discussion. Instrument pengumpul data berupa kuesioner, daftar tilik onservasi, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan memanfaatkan persentase. Langkah-langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan, penyusunan kisi-kisi materi ajar, pengembangan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar. Sampai saat ini penelitian ini sudah berhasil mengembangkan draf bahan ajar meskipun masih memerlukan perbaikan.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: web-based learning, EAP, keterampilan belajar, kemandirian belajar, Bahasa Inggris, bahan ajar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:27
Last Modified: 13 Jul 2016 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item View Item