STUDI KASUS TENTANG MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK AUTIS KELAS 5 SD DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA

Fransisca, Octi Sulistyaningsih (2014) STUDI KASUS TENTANG MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK AUTIS KELAS 5 SD DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
09103241017_FRANSISCA OCTI SULISTYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pelaksanaan manajemen kelas dalam proses pembelajaran, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kelas dalam proses pembelajaran anak autis. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah manajemen kelas V/autis SD di SLB Yapenas dengan informan kepala sekolah, tiga guru kelas, dan tiga anak kelas V/autis SDLB. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan trianggulasi data. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif melalui tahap reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas belum berjalan optimal. Hal tersebut ditunjukkan dari aspek prasarana belum sesuai dengan kebutuhan anak autis, keterbatasan ruang gedung sekolah SLB Yapenas menciptakan ruang kelas terdiri dari tiga kelas sehingga pembelajaran khususnya untuk anak autis kurang kondusif. Pengelolaan tiga siswa yang memiliki tingkah laku yang berbeda, sudah dioptimalkan dengan menyesuaikan kemampuan masing- masing anak terutama dalam hal minat/perhatian anak-anak kelas V/autis. Tahap perencanaan terdapat absensi setiap awal pembelajaran, data-data anak yang lengkap, sarana pembelajaran yang lengkap (papan tulis, almari, jadwal pembelajaran, daftar piket, tempat sampah, alat kebersihan, dan meja kursi). Tahap pengorganisasian penyampaian materi dengan menyesuaikan keinginan anak, pengelolaan hasil pekerjaan anak yang melibatkan orang tua. Pada tahap pengendalian pengelolaan tugas/PR sudah menyesuaikan kemampuan anak, namun Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kelas anak autis kelas V/autis di SLB Yapenas meliputi ruang tempat berlangsungnya proses pembelajaran anak autis belum tersedia, pengaturan tempat duduk bagi anak autis yang sedikit mendapat gangguan, ventilasi dan pengaturan cahaya yang nyaman sehingga anak autis tidak terganggu saat belajar, pengaturan penyimpanan barangbarang kelas V/autis pada lemari yang cukup kecil ukurannya, latar belakang pribadi guru yang ramah sehingga anak autis tidak merasa terpaksa dalam mengikuti pembelajaran, tambahan pekerjaan administrasi sekolah kepada guru kelas V/autis juga mempengaruhi pengelolaan materi yang akan diberikan kepada anak-anak kelas V/autis, tambahan pekerjaan administrasi sekolah kepada guru kelas V/autis, dan keterbatasan pengetahuan tentang anak autis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35772

Actions (login required)

View Item View Item