Fajri Hawa, Isniani Sia (2014) PENGGUNAAN TOKEN REINFORCEMENT SYSTEM UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU ADAPTIF ANAK AUTISME DI RUMAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
09103241002_FAJRI HAWA ISNAINI SIA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan token reinforcement system untuk mengembangkan perilaku adaptif anak autisme di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subyek penelitian merupakan anak dengan autisme, yakni subyek FB. Pengumpulan data menggunakan observasi pada saat pelaksanaan baseline-1, intervensi, dan baseline-2 serta wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data melalui pengukuran frekuensi munculnya perilaku adaptif berupa perilaku sehari-hari setelah pulang sekolah yaitu melepas sepatu, melepas seragam atasan dan bawahan, menggosok gigi, mandi, memakai baju dan celana, serta makan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan token reinforcement system berpengaruh terhadap pengembangan perilaku adaptif berupa perilaku sehari-hari pada anak dengan autisme. Selama proses pembelajaran perilaku adaptif selama sesi intervensi menunjukkan anak aktif untuk melakukan perilaku yang ditargetkan agar mendapatkan tanda bintang. Di samping itu pengembangan perilaku adaptif pada subyek FB dapat dilihat dari kemauan subyek dalam beberapa perilaku adaptif terfokus pada perilaku sehari-hari tanpa perlu diberikan penguatan. Berdasarkan frekuensi munculnya target behavior pada kondisi baseline-1 (A) terdapat lima sesi, pada saat intervensi (B) terdapat delapan sesi serta pada kondisi baseline-2 (A’) terdapat lima sesi. Pada kondisi baseline-2 (A2) frekuensi perilaku adaptif berupa perilaku sehari-hari menurun pasca pemberian intervensi meskipun begitu kondisi baseline-2 (A’) lebih baik dari pada sebelum diberikan intervensi atau kondisi baseline-1 (A).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 06:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35758 |
Actions (login required)
View Item |