Estimasi Skor Kimia Siswa Berdasarkan Model Penskoran Weighting by Difficulty (WD) dan Number-Right (NR)

Amelia, Rizki Nor (2016) Estimasi Skor Kimia Siswa Berdasarkan Model Penskoran Weighting by Difficulty (WD) dan Number-Right (NR). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizki-nor-amelia-14701251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakteristik instrumen Tes Penjajagan Hasil Belajar Siswa (TPHBS) mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2015/2016; (2) kecocokan distribusi tingkat kesukaran yang telah ditetapkan oleh guru terhadap distribusi tingkat kesukaran hasil empirik; (3) distribusi skor kimia siswa hasil estimasi dari model penskoran Weighting by Difficulty (WD) dan Number Right (NR); dan (4) hasil skor kimia siswa berdasarkan penerapan kedua model penskoran. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program ITEMAN, WINSTEPS, SPSS, dan Ms.EXCEL, serta didasarkan pada pola respon siswa SMA terhadap instrumen TPHBS mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2015/2016 di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian sejumlah 358 siswa diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) instrumen TPHBS Kimia Tahun Ajaran 2015/2016 memiliki rerata tingkat kesukaran sedang, semua butirnya valid berdasarkan indeks validitas isi, semua butirnya berfungsi dengan baik dalam membedakan kemampuan siswa, dan reliabel; instrumen tesebut memiliki fungsi informasi yang baik (fungsi informasi tes maksimum diperoleh sebesar 18,187 pada kemampuan +0,2 logit) dan mampu mengukur kemampuan siswa pada kategori sedang dengan kisaran interval -0,259 logit ≤ θ ≤ 0,659 logit; (2) distribusi tingkat kesukaran yang ditetapkan oleh guru memiliki ketidakcocokan yang signifikan terhadap tingkat kesukaran empiris; (3) rerata skor WD lebih tinggi daripada rerata skor NR, namun skor yang dihasilkan lebih menyebar dari reratanya, keduanya memiliki harga skew negatif sehingga distribusinya juling ke kiri dan kurtosis yang platikurtik; (4) penerapan model penskoran menyebabkan perubahan pada peringkat siswa karena konsistensi skor antarmodel penskoran masuk dalam kategori fair agreement

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kimia, Rasch Model, Model Penskoran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jun 2016 02:35
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35568

Actions (login required)

View Item View Item