LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1

Akhmad Rofii’ Uddin, Akhmad Rofii’ Uddin (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL - KATA PENGANTAR.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I - BAB III DOKUMENTASI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan yang berguna untuk mengembangkan kompetensi pedagogik; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. SD Negeri Pakem 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada tahun pelajaran 2015/ 2016. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 adalah praktik mengajar dan non mengajar yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa melakukan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru kelas, konsultasi kepada guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi, yakni kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari 5 kali praktik mengajar terbimbing dan 2 kali ujian praktik mengajar. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PPL, penyusun membuat Media Pembelajaran Big Book Tematik Kelas Rendah dengan Tema “Tubuhku”, Media Pembelajaran Big Book Story, Media Pembelajaran Poster Penampang Mata Dalam dan Mata Luar, Media Pembelajaran Side Animasi untuk Materi “Struktur Akar dan Fungsinya”. Praktikan juga membuat 2 buah papan bimbingan yaitu, Papan Bimbingan 6 Langkah Mencuci Tangan Menurut Standar WHO serta Papan Bimbingan Tips Memilih Jajanan yang Sehat. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang kependidikan, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, berlatih untuk berpikir cepat, dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan dengan solusi yang tepat. Selain itu dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL, Tujuan PPL, SD Negeri Pakem 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35506

Actions (login required)

View Item View Item