Perbandingan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended dan Problem Solving Ditinjau dari Sikap terhadap Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Pringgarata Lombok Tengah Tahun 2011/2012

Junaidi, Junaidi (2012) Perbandingan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended dan Problem Solving Ditinjau dari Sikap terhadap Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Pringgarata Lombok Tengah Tahun 2011/2012. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-junaidi-10709259022.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan problem solving ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan 2) perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan pendekatan problem solving ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pringgarata Lombok Tengah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket sikap siswa terhadap matematika dengan koefisien reliabilitas angket pada kelompok open ended sebesar 0,93 dengan SEM sebesar 3,33 dan kelompok problem solving sebesar 0,91dengan SEM sebesar 3,08. Tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien reliabilitas posttest pada kelompok open ended sebesar 0,72 dengan SEM sebesar 3,47 dan kelompok problem solving 0,71 dengan SEM sebesar 3,75. Untuk menguji keefektifan pendekatan open ended dan problem solving ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pendekatan open ended dan problem solving, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% dan ditindaklanjuti dengan analisis secara univariat pada taraf signifikansi 0,025 untuk pengujian satu arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan pendekatan problem solving efektif ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan problem solving ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Open Ended, pendekatan Problem Solving, sikap siswa terhadap matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35104

Actions (login required)

View Item View Item