Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Gamping Sleman

Sakti, Syahria Anggita (2012) Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Gamping Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syahria-anggita-sakti-10704251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keberhasilan pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup (life skills) dengan mengetahui: 1) kesesuaian program pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan dengan need assessment warga belajarnya; 2) bagaimana persiapan PKBM dalam melaksanakan program pendidikan kecakapan hidup bagi remaja putus sekolah; 3) bagaimana pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup ini sehingga mampu memberikan dampak positif bagi warga belajarnya; 4) manfaat dan hasil yang diperoleh warga belajar serta warga masyarakat setempat dari pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi serta dianalisis berdasarkan model analisa interaktif yang dikembangkan oleh Milles & Huberman (1994) yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan oleh PKBM sudah sesuai dengan kebutuhan warga belajarnya karena berdasarkan hasil need assessment. (2) Bentuk persiapan dalam program ini sudah cukup baik yakni dimulai dengan proses penjaringan warga belajar, need assessment, dan sosialisasi program. (3) Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup ini berjalan baik dengan melibatkan instruktur dan juga mitra kerja yang memiliki kualifikasi di bidangnya serta antusias warga belajar yang cukup tinggi. (4) Peserta program mendapat keterampilan kerja baru yang mendorong semangat berwirausaha di kalangan masyarakat. Dampak dari program ini lebih dirasakan pada sisi ekonomi, sosial, dan psikolgis warga belajarnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kecakapan hidup, evaluasi program
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item