Evaluasi Program Kursus Wirausaha Desa Bidang Pembibitan Albasiah dan Tanaman Buah di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purworejo Jawa Tengah

Susmiyanti, Pipit Dewi (2012) Evaluasi Program Kursus Wirausaha Desa Bidang Pembibitan Albasiah dan Tanaman Buah di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purworejo Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pipit-dewi-susmiyati-10704251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kursus Wirausaha Desa (KWD) di Sanggar Kegiatan Belajar Purworejo khususnya yang terkait dengan: 1) Context, yaitu partisipasi dan kebutuhan masyarakat dan program KWD, kondisi tanah untuk pembibitan, serta latar belakang pendidikan di keluarga warga belajar; 2) input, yaitu motivasi, karakteristik warga belajar, karakteristik narasumber, kurikulum, pendanaan, sarana dan prasarana; 3) process, yaitu aktivitas warga belajar, strategi pembelajaran dan hubungan antarpribadi; 4) product, yaitu dampak yang ditimbulkan meliputi sikap mental kewirausahaan, kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan vokasional; 5) hubungan antar variabel; dan 6) faktor yang menghambat pengembangan usaha. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan didukung dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (context, input, process, product). Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sebagai informan adalah warga belajar, penyelenggara, dan narasumber. Perhitungan reliabilitas angket menggunakan teknik Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Adanya partisipasi dan kebutuhan masyarakat dan program KWD, kondisi alam cocok, dan belum adanya latar belakang pendidikan pembibitan dari keluarga. 2) Motivasi warga belajar sangat baik 68%, karakteristik warga belajar dan narasumber sebagian besar sudah memenuhi kriteria, kurikulum sesuai dengan bidang yang diajarkan, serta pendanaan dan sarana dan prasarana mencukupi. 3) Aktivitas warga belajar sangat baik 88%, strategi pembelajaran sangat baik 76%, dan hubungan antar pribadi sangat baik 80%. 4) Sikap mental kewirausahaan warga belajar baik 68%, kecakapan personal sangat baik 64%, kecakapan sosial sangat baik 76%, dan kecakapan vokasional baik 52%. 5) Hubungan atau asosiasi antar variabel yang paling kuat adalah aktivitas warga belajar dan strategi pembelajaran, sebesar 0,757. Hubungan atau asosiasi paling kecil bahkan tidak berpengaruh adalah variabel motivasi dan kecakapan vokasional, sebesar 0,143. Pencapaian kecakapan vokasional paling besar pengaruhnya berasal dari kecakapan personal, sikap mental kewirausahaan dan kecakapan sosial. 6) Faktor penghambat keberhasilan usaha adalah terbatasnya modal, serangan hama, dan musim.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, kursus, kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item View Item