PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KORBAN ERUPSI MERAPI DI HUNIAN TETAP (HUNTAP) DONGKELSARI DESA WUKIRSARI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN

Artantri Pangestika Zhadwino, Artantri (2016) PENYELENGGARAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KORBAN ERUPSI MERAPI DI HUNIAN TETAP (HUNTAP) DONGKELSARI DESA WUKIRSARI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Art Artantri P Z_111022244004_0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) pelaksanaan program, dan 2) hasil program pemberdayaan masyarakat pada korban erupsi Merapi di Hunian Tetap (Huntap) Dongkelsari Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Hunian Tetap Dongkelsari Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan. Subjek penelitian ini adalah pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Cempo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data meliputi: display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk keabsahan data adalah triangulasi sumber. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penyelenggaraan program pemberdayaan masyarakat pada korban erupsi Merapi di Hunian Tetap Dongkelsari Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman meliputi pendekatan yang digunakan dalam pemberdayaan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di masyarakat, tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemberdayaanyaitu tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi kemampuan, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual serta proses pendidikan yang dilalui yaitu (a) perencanaan yang meliputi sosialisasi program, penyiapan pendamping, penyiapan alat dan bahan, pembagian kelompok, penyiapan tempat, dan penyiapan materi, (b) pelaksanaan terdiri dari tiga tahap meliputi: motivasi, appersepsi, dan langkah-langkah kegiatan yang mencakup pemilihan program, pelaksanaan program, dan pemantauan program, (c) evaluasi dilakukan dengan cara diskusi, selain itu evaluasi dilakukan setiap bulan dalam rapat rutin yang dilaksanakan setiap Jumat Pahing, 2) hasil pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Huntap Dongkelsari yaitu dulunya minim pengetahuan dan keterampilan, setelah mengikuti program pemberdayaan masyarakat mereka mempunyai keterampilan baru yaitu dapat melakukan usaha pengolahan makanan dari kegiatan budidaya jamur tiram. Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, korban erupsi Merapi, hunian tetap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34385

Actions (login required)

View Item View Item