Penerapan Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Strategi Pengembangan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Baubau Sulawesi Tenggara

Sariade, La (2012) Penerapan Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Strategi Pengembangan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Baubau Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-la-sariade-09704251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi pengembangan sumber daya manusia pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Baubau dan untuk menentukan strategi pengembangan PDAM Kota Baubau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara studi lapangan, yaitu dengan cara melakukan pengematan pada obyek penelitian dan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan. Studi lapangan ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pengembangan sumber daya manusia dan mengidentifikasi faktor-faktor strategis internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan dan penentuan bobot ranting masing-masing faktor tersebut, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah data aspek teknis,keuangan, dan aspek manajemen. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan pengembangan sumber daya manusia pada PDAM Kota Baubau dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Metode yang digunakan adalah metode pendidikan non formal dan pendidikan formal. Program pengembangan dilakukan di luar dan di dalam perusahaan. Pengembangan bagi karyawan lama melalui pendidikan dan pelatihan diluar perusahaan sedangkan pengembangan bagi karyawan baru melalui bimbingan teknik langsung dilapangan. Karyawan yang mengikuti program pengembangan di luar perusahaan hanya karyawan lama yang menduduki posis tertentu. Tahapan-tahapan tertentu dalam penyusunan program pengembangan yang meliputi, identifikasi kebutuhan pengembangan, sasaran pengembangan, manfaat pengembangan, metode pengembangan dan jenis karyawan pengembangan. Hasil perhitungan pembobotan menunjukan total skor faktor strategi internal adalah sebesar 2,78 dan total skor faktor strategis eksternal adalah sebesar 2,83. Angka-angka ini menunjukan posisi PDAM Kota Baubau pada matrik internal-eksternal berada pada sel 5 yaitu strategi pertumbuhan dan stabilitas. Sasaran akhir dalam kurun waktu 5 (lima) tahun mendatang adalah suatu pola untuk ditetapkan khususnya dalam pengembangan perusahaan, pola pentahapan suatu keharusan sesuai dengan karakteristik dari perkembangan kondisi eksternal serta kemampuan internal sendiri Berdasarkan kondisi dan posisi perusahaan berdasarkan analisis SWOT, maka strategi pertumbuhan yang dapat dilakukan adalah kosentrasi melalui integrasi horisontal, dengan lebih memfokuskan pada pengembangan organisasi secara internal melaui pembenahan sistem organisasi agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan perusahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item