Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru Program Studi Keahlian Tata Boga di SMK N 6 Yogyakarta

Juwaiseh, Yulien Siti (2012) Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru Program Studi Keahlian Tata Boga di SMK N 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulien-siti-juwaiseh-10703254027.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perencanaan, (2), pengorganisasian, (3) penggerakan, (4) pengawasan pada pengembangan profesionalisme guru program studi keahlian tata boga di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi (pengamatan) dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua program keahlian program keahlian tata boga, dan guru tata boga. Keabsahan data diukur dengan cara: (1) trianggulasi, (2) diskusi, (3) pengecekan anggota. Analisis data menggunakan teknik yang diajukan oleh Miles dan Huberman, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) perencanaan profesionalisme guru meliputi: a) penetapan tujuan, b) penetapan sasaran yang ingin dicapai, c) penentuan kegiatan, d) penentuan tolok ukur keberhasilan, e) penentuan waktu, f) penentuan dana, dan g) penentuan penangung jawab. (2) pengorganisasian pengembangan profesionalisme guru meliputi; a) pembagian tugas untuk pengembangan profesional guru dengan menyusun struktur organisasi, dan b) penetapan siapa yang bertanggung jawab untuk pengembangan profesionalisme guru. (3) Penggerakan pengembangan profesionalisme guru yaitu kepala sekolah memberikan motivasi, memfasilitasi, dan mendorong guru untuk mengembangkan diri dalam keprofesiannya. (4) Pengawasan pengembangan profesionalisme guru meliputi; a) penetapan standar pengukuran pelaksanaan dengan melakukan supervisi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di kelas, menemukan kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran yaitu antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum sesuai, b) kepala sekolah belum melakukan supervisi kepada semua guru di program keahlian tata boga karena terkendala waktu, dan c) Program mengundang guru tamu dari industri, on- the- job training, pelatihan bahasa Inggris dan ICT implementasinya belum sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengembangan profesionalisme
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33419

Actions (login required)

View Item View Item