METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR DI SMK N 3 MAGELANG

Dwi, Febrina Wulandari (2016) METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR DI SMK N 3 MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
dwi febrina wulandari 12511241017.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR DI SMK N 3 MAGELANG Oleh: Dwi Febrina Wulandari NIM. 12511241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menerapkan model pembelajaran talkingstick pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK N 3 Magelang, 2)meningkatkan keaktifan belajar siswa yang meliputi visual activities, listening activities, oral activities, emotional activities, dan writing activities setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang, 3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran boga dasar di SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratifmenggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan sebagaiberikut: perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Uji coba untuk butir soal diakukan ke siswa kela X jasa boga 2 dengan 32 siswa dan hasil koifisien korelasi 0,87 sehingga soal dikatakan baik.Penelitiandilaksanakan di SMK N 3 Magelang dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Boga 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi,tes kognitif, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji validitas instrumenmenggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas menggunakan antar rater.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Model pembelajaran talking stick yang diterapkan sesuai dengan sintaktalking stick dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu guruberperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran, sehinggadapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick mampu:1) meningkatkan pembelajaran, yaitu pada siklus I keterlaksanaan pembelajaran dapat tercapai 75%, sedangkan pada siklus II dapat tercapai 100%,2) meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan dibuktikan pada pra siklussecara keseluruhan prosentase keaktifan siswa yaitu sebesar 52,9%, padasiklus I prosentase keaktifan siswa 77,1%, dan siklus II prosentase keaktifan siswa sebesar 89,6%, 3) meningkatkan hasil belajar siswa dengandibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 30% atau 11 siswa, dan prosentase yang tidak tuntas 70% atau 25 siswa. Siklus I hasil prosentase siswa yang tuntas 86% atau 31 siswa dan siswa yang tidak tuntas 14% atau 5 siswa.Siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100% atau 36 siswa. Berdasarkanhasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan modelpembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran boga dasar kelas X Tata Boga 3 di SMK N 3 Magelang.Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini terbukti. Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, pembelajaran talking stick, boga dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 May 2016 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33280

Actions (login required)

View Item View Item