Allivna, Allivna (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif dan Psikomotor Peserta Didik pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Games Tournament (TGT) dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian afektif pada pembelajaran kooperatif metode TGT dalam mata pelajaran fisika materi Hukum Newton dan Penerapannya di kelas X SMA, (2) mengetahui kelayakan instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran kooperatif metode TGT dalam mata pelajaran fisika materi Hukum Newton dan Penerapannya di kelas X SMA, (3) mengetahui tingkat kemampuan afektif peserta didik pada pembelajaran kooperatif metode TGT dalam mata pelajaran fisika materi Hukum Newton dan penerapannya di kelas X SMA, (4) mengetahui tingkat kemampuan psikomotor peserta didik pada pembelajaran kooperatif metode TGT dalam mata pelajaran fisika materi Hukum Newton dan Penerapannya di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan instrumen penelitian yang sudah divalidasi dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh validator ahli dan praktisi serta pelaksanaan uji terbatas. Produk dikembangkan diuji coba terbatas pada kelas X MIA 3 SMA N 1 Prambanan Sleman. Uji lapangan dilakukan pada kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA N 1 Prambanan Sleman. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarkan instrumen penelitian di SMA N 1 Prambanan Sleman dan pada e-journal jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Validitas instrumen diukur menggunakan analisis Content Validity Ratio (CVR), sedangkan reliabilitasnya menggunakan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Hasil penilaian kemampuan afektif dan psikomotor dikelompokkan dalam deskriptif kategori interval nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen penilaian afektif layak digunakan ditinjau validitasnya memperoleh nilai CVR sebesar 1,00 dengan kategori sangat esensial dan ditinjau reliabilitas melalui nilai ICC 0,99 dengan kategori sangat reliabel, (2) instrumen penilaian psikomotor layak digunakan ditinjau validitasnya memperoleh nilai CVR sebesar 1,00 dengan kategori sangat esensial dan ditinjau reliabilitas melalui nilai ICC 0,99 dengan kategori sangat reliabel, (3) hasil penilaian tingkat kemampuan afektif menunjukkan 20,34% peserta didik dalam kategori sangat tinggi, 50,85% kategori tinggi, 25,42% sedang, 3,39% rendah dan 0 % sangat rendah, (4) hasil penilaian tingkat kemampuan psikomotor menunjukkan 7,94% peserta didik dalam kategori sangat tinggi, 44,44 % kategori tinggi, 17,46% sedang, 22,22% rendah dan 7,94% sangat rendah. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Aspek Afektif dan Psikomotor, TGT
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 25 May 2016 07:11 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33254 |
Actions (login required)
View Item |