KESIAPAN GURU TEKNIK OTOMOTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Bernadus, Bayu Nugraha (2016) KESIAPAN GURU TEKNIK OTOMOTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bernadus Bayu Nugraha 08504244026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN GURU TEKNIK OTOMOTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: Bernadus Bayu Nugraha 08504244026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru teknik otomotif dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran praktik di SMK Negeri 2 Klaten ditinjau dari pemahaman guru tentang kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran serta kendala yang dialami dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian Kesiapan Guru Teknik Otomotif Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Praktik di SMK Negeri 2 Klaten ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru teknik otomotif SMK Negeri 2 Klaten yang berjumlah 10 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Penyajian data dilakukan sesuai dengan persentase hasil data angket yang perhitungannya menggunakan Microsoft Excel, kemudian hasilnya dibandingkan dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru tentang kurikulum 2013 diperoleh hasil sebesar 100% dan masuk dalam kategori Sangat Baik (A) karena masuk dalam rentang 86%-100%, (2) kesiapan guru ditinjau dari perencanaan proses pembelajaran diperoleh hasil sebesar 97,73% dan masuk dalam kategori Sangat Baik (A) karena masuk dalam rentang 86%-100%, (3) kesiapan guru ditinjau dari pelaksanaan proses pembelajaran diperoleh hasil sebesar 91,67% dan masuk dalam kategori Sangat Baik (A) karena masuk dalam rentang 86%-100%, (4) kesiapan guru ditinjau dari penilaian hasil pembelajaran diperoleh hasil sebesar 97,89% dan masuk dalam kategori Sangat Baik (A) karena masuk dalam rentang 86%-100%, dan (5) Guru yang mengalami kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada pembelajaran praktik di SMK Negeri 2 Klaten sebesar 23,33%. Kata kunci: kesiapan, pembelajaran, implementasi kurikulum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 May 2016 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32747

Actions (login required)

View Item View Item