Keefektifan Penggunaan Media Film dan Gambar Cetak dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V di Kecamatan Martapura Kota

Wuri, Yulia Erik Mulyaning (2012) Keefektifan Penggunaan Media Film dan Gambar Cetak dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V di Kecamatan Martapura Kota. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia-erik-mulyaning-wuri-10706259007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan keefektifan penggunaan media pembelajaran film, gambar cetak dan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, 2) perbedaan keefektifan penggunaan media film dengan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, 3) perbedaan keefektifan penggunaan media gambar cetak dengan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, dan 4) perbedaan keefektifan penggunaan media film dengan gambar cetak dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan pretest-postest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri kelas V yang berada di Kecamatan Martapura Kota. Pengambilan sampel dilakukan secara random multi stage yang artinya pengambilan sampel dilakukan secara bertahap: 1) memilih 3-4 sekolah dengan metode random sampling, 2) menentukan kelas V sebagai sampel penelitian secara purposive untuk kelompok belajar, 3) memilih kelas yang menggunakan media film dan gambar cetak dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Data dianalisis menggunakan anacova. Untuk mengetahui perbandingan keefektifan variabel bebas, data dianalisis menggunakan uji scheffe. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keefektifan penggunaan media pembelajaran film, gambar cetak dan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, 2) penggunaan media film lebih efektif daripada penggunaan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, 3) penggunaan media gambar cetak lebih efektif daripada penggunaan buku teks dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota, dan 4) penggunaan media film lebih efektif daripada penggunaan gambar cetak dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Martapura Kota.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media film, media gambar cetak, pembelajaran kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 May 2016 07:31
Last Modified: 01 Dec 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32666

Actions (login required)

View Item View Item