STUDI KASUS KESULITAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR YANG BERKAITAN DENGAN PEMFAKTORAN

Fitriyanti, Arif Nur (2016) STUDI KASUS KESULITAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR YANG BERKAITAN DENGAN PEMFAKTORAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesulitan yang dialami siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan masalah aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip pemfaktoran, serta (2) penyebab kesulitan dari diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, ditetapkan 12 siswa sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil ulangan harian dan hasil tes formatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, tes formatif, dan pedoman wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dialami siswa kelas VIII A tahun ajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan masalah aljabar yang berkaitan dengan pemfaktoran adalah (a) dalam penguasaan konsep, siswa masih kesulitan dalam memfaktorkan bentuk aljabar yang menggunakan hukum distributif; (b) dalam penguasaan prinsip, siswa masih kesulitan dalam menentukan langkah-langkah memfaktorkan; (2) penyebab kesulitan dari diri siswa yang ditemukan berasal dari faktor intern, yang paling berpengaruh, yaitu siswa belum berani bertanya pada guru ketika mengalami kesulitan belajar dan siswa belum memiliki kesadaran untuk belajar secara rutin. Kata Kunci : studi kasus, kesulitan belajar, pemfaktoran bentuk aljabar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 13 May 2016 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32611

Actions (login required)

View Item View Item