Noviani, Rizki Siti (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN FUN SCIENCE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN PERUBAHAN KIMIA DI SMP NEGERI 2 MLATI. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science terhadap motivasi belajar peserta didik SMP, pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik SMP, dan pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik SMP. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII dengan materi pembelajaran “Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mlati. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science (blobs in a bottle, ice cream, rapid color-changing chemistry, dan merapi vulcano), sedangkan pada kelas kontrol pelaksanaan pembelajaran berbasis EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi). Data motivasi belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan lembar observasi motivasi belajar peserta didik. Data pemahaman konsep IPA peserta didik diperoleh dengan memberikan tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji manova setelah memenuhi uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik. Pengaruh pendekatan saintifik dengan fun science terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 20,1% dengan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen mencapai kategori cukup. Pendekatan saintifik dengan fun science juga memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik sebesar 24,2% dengan rata-rata peningkatan yang mencapai kategori sedang. Kata kunci: pendekatan saintifik, fun science, blobs in a bottle, ice cream, rapid color-changing chemistry, merapi vulcano, motivasi belajar, pemahaman konsep IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 10 May 2016 03:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32458 |
Actions (login required)
View Item |