Dyah, Prafitri Dewi (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN KOMUNIKASI WIRELESS MENGGUNAKAN BLUETOOTH SHIELD BERBASIS ATMEGA328 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK MA’ARIF 1 PIYUNGAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
DYAH PRAFITRI DEWI 08518241025.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS PELATIHAN KOMUNIKASI WIRELESS MENGGUNAKAN BLUETOOTH SHIELD BERBASIS ATMEGA328 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK MA’ARIF 1 PIYUNGAN Oleh : Dyah Prafitri Dewi NIM. 08518241025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan komunikasi wireless menggunakan Bluetooth Shield Berbasis ATmega328 terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa pada kelas XI TITL dan TAV di SMK Ma’arif 1 Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini sebanyak 25 siswa. Terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap pertemuan berlangsung selama 4x45 menit. Masing- masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pretest, post-tes, dan lembar kerja siswa. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan Off The Job Training dan metode penyampaian informasi berupa: 1) Ceramah, 2) Tanya jawab, 3) Diskusi, 4) Demonstrasi, 5) Kerja kelompok, 6) Pemberian tugas, 7) Eksperimen dan 8) Simulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu, dengan mereduksi data, mendeskripsikan, dan menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan komunikasi Wireless menggunakan Bluetooth Shield Berbasis ATmega328 efektif dapat meningkatkan kompetensi siswa XI kelistrikan bidang keahlian TITL dan TAV. Hal tersebut terlihat dari peningkatan 3 aspek yaitu, aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan. 1) aspek pengetahuan pada siklus 1 pretes sebesar 3,312 meningkat menjadi 3,74 pada siklus 2 dan postes sebesar 7,6 meningkat pada siklus 2 sebesar 7,88. 2) peningkatan aspek afektif dilihat dari peningkatan afektif siswa saat mengikuti proses pembelajaran, pada siklus 1 pertemuan pertama 57% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 70,6%, sedangkan afektif rata- rata pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 74,2% dan meningkat pada pertemuan kedua sebesar 84,6%. 3) peningkatan aspek psikomotorik diketahui dari hasil nilai jobsheet pada pertemuan pertama dan kedua. pada pertemuan pertama menujukkan rata- rata nilai sebesar 5,19 dan meningkat pada pertemuan kedua sebesar 8,11. Kata kunci : Pelatihan, Komunikasi Wireless, Bluetooth, Atmega328, Aspek pengetahuan, afektif dan ketrampilan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 04 May 2016 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32365 |
Actions (login required)
View Item |