Eko, Samsudin (2016) PENGEMBANGAN KAMUS PENGECATAN OTOMOTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
eko samsudin 12504241008.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN KAMUS PENGECATAN OTOMOTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Oleh: Eko Samsudin Nim. 12504241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon siswa terhadap kamus pengecatan otomotif sebagai media belajar siswa Program Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahapan pengembangan media meliputi : (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk awal, (3) uji kelayakan oleh ahli dan guru, (4) revisi produk awal, (5) produk pertama, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk pertama, (8) produk kedua, (9) uji coba kelompok sedang, (10) revisi produk kedua,(11) produk ketiga, (12) uji coba lapangan, (13) revisi produk ketiga , (14) produk akhir, (15) penyebarluasan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas XII dan XIII Program Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK N 2 Depok Sleman. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan kamus pengecatan otomotif dengan 503 istilah di dalamnya. (2) Kelayakan kamus pengecatan otomotif dilihat dari aspek materi dan media diperoleh skor 4,29 atau sangat layak. (3) Respon siswa terhadap kamus pengecatan otomotif diperoleh skor 3,78 atau layak. Kata Kunci: kamus pengecatan otomotif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 01:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32059 |
Actions (login required)
View Item |