STRATEGI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM)DI PKBM KYAI SURATMAN KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

Muhammad Nurudin, Nurudin (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM)DI PKBM KYAI SURATMAN KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
MUHAMMAD NURUDIN_09102249029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh tutor dalam melakukan proses pembelajaran keaksaraan usaha mandiri (KUM) di PKBM Kyai Suratman Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metodologi paradigma kualitatif. Sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah tutor, pengelola, dan peserta didik. Sampel diambil secara purposive sampling. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan berpartisipasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen terkait. Sebagai instrumen dalam penelitian ini peneliti sendiri. Analisis data dilakukan secara induktif. Sebagai alat untuk mempertinggi validitas digunakan metode triaggulasi dengan cara mengadakan cross checking antara keterangan yang didapat dari tutor dengan peserta didik dan pengelola PKBM Kyai Suratman, dengan perinciannya adalah 14 orang sumber informasi yang terdiri dari 2 orang tutor, 2 orang pengelola PKBM (key information), dan 10 orang peserta didik sebagai informan. Dari hasil penelitian dan data yang ada terungkap bahwa metode pembelajaran yang paling sering digunakan dalam pembelajaran adalah dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, curah pendapat, latihan, pendalaman materi dan penulisan kertas kerja atau buku skrib. Metode pembelajaran tersebut dipilih karena mampu menggali atau mengungkapkan pengalaman dari para peserta didik sehingga mereka terlibat secara aktif dalam pembahasan, penganalisaan masalah, bahkan sampai pada tahap penerapannya. Metode pembelajaran yang paling disukai peserta didik adalah dengan menggunakan metode ceramah, dan diskusi pemecahan masalah dengan berbagi pengalaman antar mereka. Media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran adalah buku resep dan gambar-gambar yang ada hubungannya dengan topik pembelajaran. Media tersebut di pilih karena bisa merangsang mengemukakan pendapat dan berfikir secara sistematis bagi peserta didik. Dengan demikian dalam benaknya bisa mendorong rasa ingin tahu dan sekaligus akan mendorong terjadinya interaksi langsung/komunikasi langsung antara peserta didik dengan tutor, juga antara peserta didik itu sendiri. Dengan cara inilah bagi tutor akan menimbulkan strategi dan seni tersendiri dalam mengelola pembelajaran. Kata kunci: strategi pembelajaran, keaksaraan usaha mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31931

Actions (login required)

View Item View Item