Keefektifan Pendekatan Proses dalam Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta

Fardani, Rani (2012) Keefektifan Pendekatan Proses dalam Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rani-fardani-07712259016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil PBM menulis antara yang diajar dengan pendekatan proses dan pendekatan non-proses, dan (2) perbedaan keefektifan pendekatan proses dalam pengajaran menulis. Penelitian ini merupakan desain penelitian semu dengan pretest-posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol yang ditentukan secara langsung karena sekolah tempat penelitian memiliki kelas V sebanyak dua kelas yang homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian untuk keterampilan menulis berupa karangan dan lembar observasi untuk memperoleh data tambahan aktivitas siswa selama mengikuti PBM menulis. Tes dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Validasi indikator yang digunakan adalah expert judgement yang berkompeten dengan materi penelitian ini. Hasil penelitian ini diuraikan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh rerata posttest kelas ekperimen sebesar 78,50 dan kelas kontrol sebesar 57,00. (2) Dari nilai O1 & O2 yaitu 50,11, lebih besar dari O3 & O4 yaitu 28,56. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan proses lebih efektif dibandingkan pendekatan non-proses dalam PBM menulis. Dari pertanyaan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses dalam pengajaran menulis bahasa Indonesia pada siswa kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta hasilnya lebih efektif dibandingkan pendekatan non-proses yang biasa digunakan di tempat penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan proses, pengajaran menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item