Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) untuk Mengembangkan Karakter Anak pada Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar

Kembuan, John (2012) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) untuk Mengembangkan Karakter Anak pada Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-john-kembuan-10712251009.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan SSP dalam rangka pengembangan karakter jujur, peduli, cerdas emosi, tangguh dan rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran IPA; (2) memilih dan menggunakan model pembelajaran dalam penerapan SSP yang dikembangkan sesuai dengan tingkat berpikir anak. Pengembangan SSP dalam rangka mengembangkan karakter dimaksudkan menjawab permasalahan degradasi moral yang terjadi di masyarakat sekarang ini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Penelitian yang dilaksanakan didasarkan pada langkah-langkah penelitian pengembangan antara lain: 1) pengumpulan informasi dan penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba terbatas, 5) revisi uji lapangan terbatas, 6) uji coba diperluas, dan 7) revisi uji coba lapangan diperluas. Penelitian dilaksanakan masing-masing sebanyak empat pertemuan pada masing-masing kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian seluruhnya berjumlah 70 orang siswa. Jumlah tersebut meliputi 6 siswa SD Negeri Jetisharjo yang mengikuti uji coba terbatas, 32 siswa SD Negeri Sinduadi 1 sebagai kelas kontrol yang mengikuti uji coba lapangan diperluas, dan 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dari lembar pengamatan, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: keterlaksanaan SSP dalam kegiatan pembelajaran baik dalam uji coba terbatas dan uji coba diperluas secara keseluruhan dapat dikategorikan terlaksana dengan “sangat baik”. Keterlaksanaan metode pembelajaran, secara keseluruhan masuk dalam kategori “baik”. Pada karakter jujur, perkembangan karakter siswa pada kelas eksperimen dikategorikan “baik”. Untuk karakter peduli, perkembangan karakter dikategorikan “baik”. Untuk karakter cerdas emosi, perkembangan karakter dikategorikan “sangat baik”. Untuk karakter tangguh, perkembangan karakter dikategorikan “baik”. Untuk karakter rasa ingin tahu, perkembangan karakter dikategorikan “baik”. Dari grafik perkembangan karakter, semua karakter yang diamati pada kelas eksperimen yang menggunakan Subject-Specific Pedagogy yang dikembangkan, mempunyai kecenderungan meningkat sampai pada pertemuan terakhir.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject-Specific Pedagogy (SSP), karakter, IPA, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2016 10:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31263

Actions (login required)

View Item View Item