PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN METODE DISKUSI INFORMASI PADA MATERI POKOK LARUTAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI I KUDUS TAHUN AJARAN 2005/2006

Ulyn, Yuanita (2010) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN METODE DISKUSI INFORMASI PADA MATERI POKOK LARUTAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI I KUDUS TAHUN AJARAN 2005/2006. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PERBEDAAN_PENGGUNAAN_METODE_PERMAINAN_DENGAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode diskusi iniormasi apabifa pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Seiain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap, minat, dan motivasi beajar siswa terhadap pc;lajaran kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pennainan dengan siswa yang mengikUti penlbelajaran dengan metode diskusi infonnasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Kudus tahun ajaran 2005/20\11)6, vang berjumlah 280 siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 siswa diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari rencar.a pelaksanaan pembelajaran. soal-soal prestasi belajar ksrnia siswa, angket sikap, minat, dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran kimia_ Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi (pengetahuan awal kimia siswa) dan teknik ujian (prestasi belajar siswa). Teknik analisis data dalam penelitian in[ menggunakan analisis anakova den-an satu kovariabel yang sebelumnya dilakukan uji T)endahuluan, yaitu uji C-Cochran dan uji norrnalitas. Angket dianalisis dengar anava 1 jalur dan up t. Berdasar uji anakova l jalur diperoleh harga ro sebesar 7,293 (p=0,008) sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa yang pembelajarannya menggunakan metode permainan dengan prestasi belajar kimia siswa yang pernbelajarannya mevggunakan metode diskusi informasi, jika pengetahuan awal kimia seswa dikendalikan secara statistik. Metode permainan deanggap kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia jika dibandingkan dengan metode diskusi informasi, tetapi Metode permainan mempunyai kelebihan yaitu dapat meningkatkan sikap, minat dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item