UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 MINGGIR SLEMAN MELALUI METODE FISH BOWL

Yosep Taji, Liwun (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 MINGGIR SLEMAN MELALUI METODE FISH BOWL. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOSEP TAJI LIWUN - NIM 11203244022 .pdf

Download (233MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) keterampilan membaca bahasa Jerman (2) keaktifan peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Minggir Sleman melalui metode Fish Bowl Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Minggir Sleman yang terdiri dari 32 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi kelas, angket, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Fish Bowl dapat (1) meningkatkan keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Minggir Sleman. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik mencapai 71,88 %. (sebelum diberi tindakan) 78,61% (setelah siklus I) dan 87,80 %. (setelah siklus II) (2) Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jerman sebesar 40,63% (sebelum diberi tindakan) 46,88 % (setelah siklus I) dan 66,67% (setelah siklus II)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fish Bowl, kolaboratif, deskriptiv kualitatif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30510

Actions (login required)

View Item View Item