KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 4 MAGELANG

Bruri Ajie, Jaya (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 4 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Bruri_Ajie_Jaya_10203244025.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Magelang antara yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar dengan yang diajar dengan media konvensional, (2) keefektifan media kartu kata bergambar pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre- dan post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Magelang yang berjumlah 205 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 4 (21 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (20 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor pre-test dan post-test keterampilan menulis bahasa Jerman. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) thitung 3,577 lebih besar dari ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi  = 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Magelang antara yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) bobot keefektifan adalah 8,7%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 77,05 lebih besar dari kelas kontrol 71,65. Dengan demikian bahwa penggunaan media kartu kata bergambar pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA Negeri 4 Magelang lebih efektif dibanding media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30509

Actions (login required)

View Item View Item