KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA MAIK DAN TOKOH TAMBAHAN TSCHICK DALAM ROMAN TSCHICK KARYA WOLFGANG HERRNDORF : ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA

Maria Sandriana, Nara (2016) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA MAIK DAN TOKOH TAMBAHAN TSCHICK DALAM ROMAN TSCHICK KARYA WOLFGANG HERRNDORF : ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
MARIA SANDRIANA NARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian, gangguan-gangguan kepribadian, dan penyebab dari gangguan-gangguan kepribadian yang dihadapi tokoh utama Maik dan tokoh tambahan Tschick dalam roman Tschick karya Wolfgang Herrndorf dengan menggunakan pendekatan psikologi dengan teori kepribadian Gerald Heymans. Sumber data adalah roman Tschick karya Wolfgang Herrndorf yang diterbitkan oleh Rowohlt Taschenbuch Verlag Hamburg pada tahun 2012. Data diperoleh dengan teknik baca dan catat. Teknis analisi data adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data dengan validitas semantis dan expert judgement. Reliabilitas adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan tokoh utama Maik memiliki kepribadian tidak tenang, ingatan baik, berfantasi, membicarakan hal yang tidak penting, tidak tetap pendirian, pintar, dan ketertarikan terhadap seseorang. Tokoh Maik bertipe kepribadian sentimentil, nerveus, dan apathis. Tokoh tambahan Tschick memiliki kepribadian suka memaksa, peduli, berpenampilan buruk, tidak suka berbicara, dan bertanggung jawab. Tokoh Tschick bertipe kepribadian gepasioner dan sentimentil. Gangguan-gangguan kepribadian tokoh Maik adalah antisocial, sk izotipal, dan dependent. Gangguan-gangguan kepribadian tokoh Tschick adalah antisocial. Penyebab gangguan kepribadian tokoh Maik dan tokoh Tschick adalah faktor lingkungan keluarga dan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Roman, Psikologi sastra, Psikologi Kepribadian Gerald Heymans
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30498

Actions (login required)

View Item View Item