Suharsono, Suharsono (2013) Evaluasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 3 Purworejo. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-suharsono-08703254021.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 3 Purworejo Penelitian evaluasi ini menggunakan model Contex Input Process Product (CIPP). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Purworejo Jawa Tengah. Subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan kurikulum, koordinator RSBI, semua guru mata pelajaran, pustakawan, laboran, staf tata usaha, dan representasi peserta didik. Objek penelitian ini berkenaan dengan dimensi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan dimensi Standar Mutu Bertaraf Internasional (RSBI), yang meliputi: 1) variabel konteks; 2) variabel input (Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Standar Pembiayaan); 3) variabel proses (Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian); 4) variabel produk (Standar Kompetensi Lulusan). Data dikumpulkan melalui angket dan kajian dokumen dan analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pelaksanaan RSBI di SMPN 3 Purworejo untuk setiap variabel adalah sebagai berikut: 1) Konteks rerata 81,16% termasuk kategori baik. 2) Input, untuk SNP baik (82,13%) untuk RSBI cukup (66,56%): a) Standar Isi, untuk SNP baik (84,88%) untuk RSBI cukup (72,92%); b) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, untuk SNP cukup (70,54%) untuk RSBI kurang (55,32%); c) Standar Sarana dan Prasarana, untuk SNP sangat baik (92,34%) untuk RSBI baik (83,62%); d) Standar Pembiayaan, untuk SNP sangat baik (87,50%) untuk RSBI cukup (65,08%). 3) Variabel Proses, untuk SNP sangat baik (89,18%) untuk RSBI baik (77,24%): a) Standar Proses, untuk SNP baik (82,72%) untuk RSBI cukup (73,10%); b) Standar Pengelolaan, untuk SNP sangat baik (90,95%) untuk RSBI baik (81,00%); c) Standar Penilaian, untuk SNP sangat baik (93,99%) untuk RSBI baik (76,29%). 4) Variabel Produk: Standar Kompetensi Lulusan, untuk SNP baik (79,69%) untuk RSBI baik (80,37%). Secara umum tingkat keberhasilan pelaksanaan RSBI di SMP Negeri 3 Purworejo, untuk dimensi SNP termasuk kategori baik (84,24%). Adapun untuk dimensi RSBI termasuk kategori cukup (73,44%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi program, RSBI |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 04:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30491 |
Actions (login required)
View Item |