Analisis Kebijakan Pengembangan Sekolah Lukmanulhakeem Yala Thailand

Hiley, Mr. Muyahed (2013) Analisis Kebijakan Pengembangan Sekolah Lukmanulhakeem Yala Thailand. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mr-muyahed-hiley-10703251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pengembangan sekolah Lukmanulhakeem Yala, Thailand meliputi: perencanaan kebijakan, implementasi kebijakan, hasil kebijakan, dan dampak kebijakan agar diperoleh kebijakan pengembangan sekolah yang berdampak efektif. Analisis kebijakan pengembangan sekolah ini meneliti implementasi kebijakan yang dilihat dari input, dan proses, policy outcome yang dilihat dari hasil, dan dampak yang terkait dengan pengembangan sekolah. Sumber informasi adalah manajer sekolah, kepala sekolah, dua pengurus yayasan, 10 orang guru termasuk lima orang tenaga administrasi sekolah Lukmanulhakeem Yala, Thailand. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumen dan laporan. Data yang diperoleh adalah data utama melalui interaksi sosial. Data yang diperoleh adalah dari dokumen-dokumen dan tanggapan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan dampak kebijakan dari warga sekolah dan Yayasan Lukmanulhakeem Yala. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) perencanaan kebijakan pengembangan sekolah belum efektif, 2) berbagai input pengembangan sekolah sudah mencukupi kebutuhan warga sekolah, 3) pelaksanaan kebijakan sekolah terkendala karena kebijakan yang tidak komprehensif, 4) outcome kebijakan berdampak negatif sehingga sekolah tidak mengembangkan sesuai kapabilitas yang dimiliki.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebijakan pengembangan, perencanaan, pelaksanaan, hasil kebijakan, dampak dari kebijakan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:44
Last Modified: 02 Jan 2023 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30473

Actions (login required)

View Item View Item