PENGEMBANGAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER "ATOM, ION DAN MOLEKUL" UNTUK SMP/MTs KELAS VIII

Khotimah, Husnul (2011) PENGEMBANGAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER "ATOM, ION DAN MOLEKUL" UNTUK SMP/MTs KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
COMPUTER_BASED_MEDIA_DEVELOPMENT_ON_ATOM.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian pengembangan media berbantuan komputer dalam pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media berbantuan komputer tentang Atom, Ion dan Molekul untuk SMP/MTs kelas VIII dan untuk mengetahui kualitas media berbantuan komputer yang memenuhi kriteria kualitas media yang telah ditentukan. Pengembangan media berbantuan komputer ini dibimbing oleh dosen pembimbing, juga mendapat masukan dari ahli media dan teman sejawat. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner yang terdiri dari aspek-aspek dan kriteria tertentu. Media berbantuan komputer ini dinilai oleh lima guru IPA SMP/MTs di kota Yogyakarta. Penilaian meliputi 5 aspek dan 21 indikator. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif ini ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media berbantuan komputer tersebut. Produk penelitian ini berupa media berbantuan komputer dalam bentuk Compact Disk (CD) tentang Atom, Ion dan Molekul. Berdasarkan penilaian lima guru IPA SMP/MTs, media berbantuan komputer tentang Atom, Ion, dan Molekul mempunyai kualitas Sangat Balk (SB), dengan skor rata-rata 91,0 dan persentase ideal sebesar 86,67%. Oleh karena itu, media berbantuan komputer ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMP/MTs Kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item View Item