Ndun, Yohanis (2016) UPAYA GURU MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KARANGGONDANG SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.
Text
Yohanis Ndun.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru menanamkan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar Karanggondang Sewon Bantul. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Karanggondang, Sewon, Bantul. Subjek penelitian ini adalah guru tetap sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan mengadakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru menanamkan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran seperti (1) Guru memberi teguran kepada siswa jika ketahuan menyontek dan meminjam buku tetapi tidak dikembalikan. (2) Memberi nasehat kepada siswa jika tidak melaksanakan piket kelas. (3) Guru patuh dan taat menjalankan agama yang dianut. (4) Sanksi/hukuman jika siswa terlambat ke sekolah 3 kali maka diberi sanksi/hukuman berupa denda uang. Faktor pendukung menanamkan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran adalah sekolah sudah menyediakan fasilitas yang kondusif kepada siswa. Faktor penghambat menanamkan nilai karakter pada proses pembelajaran adalah bersumber dalam diri pribadi anak, berupa anak malas, keinginan bermain yang berlebihan, sikap tidak mau dididik atau sikap melawan. Kata kunci: Nilai-nilai karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 14 Mar 2016 04:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30303 |
Actions (login required)
View Item |