Evaluasi Implementasi Total Quality Management pada SD Negeri Karangrejek II dan SD Muhammadiyah Al Mujahidin, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

Pramono, Eko (2014) Evaluasi Implementasi Total Quality Management pada SD Negeri Karangrejek II dan SD Muhammadiyah Al Mujahidin, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-pramono-12703259021.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (l) tingkat implementasi Total Quality Management (TQM), (2) perbandingan implementasi TQM, dan (3) aspek-aspek yang perlu mendapatkan perbaikan untuk ditingkatkan di SD Negeri Karangrejek II dan SD Muhammadiyah Al Mujahidin. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model discrepancy dengan sasaran kepala sekolah dan guru. Instrumen pengumpul data berupa angket, dengan jawaban skala 2 (skala Guttman) terdiri atas 69 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis dan validitas ernpiris yang dihitung dengan Pearson product moment. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik Kuder-Richardson (KR20). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi TQM di SD Negeri Karangrejek II rata-rata sebesar 87,73%. Aspek-aspek yang mendekati standar adalah: mutu pembelajaran, organisasi terbalik, perubahan kultur, kolega sebagai pelanggan, profesionalisme, dan pemasaran internal. Aspek dengan skor terendah adalah perbaikan terus-menerus. Implementasi TQM di SD Muhammadiyah Al Mujahidin, rata-rata sebesar 94,42%. Aspek-aspek yang mendekati standar adalah: organisasi terbalik, mutu pembelajaran, perubahan kultur, profesionalisme, kaizen, dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Aspek dengan skor terendah adalah perbaikan terus menerus. (2) Perbandingan implementasi TQM SD Karangrejek II dengan SD Muhammadiyah Al Mujahidin adalah sebagai berikut: aspek rnutu pembelajaran, organisasi terbalik dan perubahan kultur merupakan aspek dengan rata-rata tertinggi di SD Karangrejek II, sedangkan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin, aspek organisasi terbalik, mutu pembelajaran dan perubahan.kultur merupakan aspek dengan rata-rata tertinggi. (3) Aspek yang perlu mendapat perbaikan di SD Negeri Karangrejek II dan SD Muhammadiyah Al Mujahidin adalah perbaikan terus-menerus.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: total quality management, evaluasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2016 09:10
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30268

Actions (login required)

View Item View Item