Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengasuhan Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten

Ansarullah, Ansarullah (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengasuhan Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ansarullah-12712259002.swf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten yang berjumlah 97 siswa dan semuanya diambil sebagai subjek penelitian. Data pengasuhan orangtua, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan instrumen angket skala Likert 1-5. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan, ketiga instrumen angket telah divalidasi melalui konsultasi dengan ahli (expert judgment) untuk penyusunan instrumen dan kesesuaian dengan kisi-kisi dan selanjutnya diujicoba pada siswa kelas 5 SD Al Azhar yang berjumlah 30 siswa. Setelah memenuhi persyaratan validitas butir instrumen dan reliabilitas selanjutnya ketiga instrumen digunakan untuk memperoleh data penelitian. Uji validitas butir dilakukan dengan metode corrected item-total correlation, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan metode Alpha Cronbach. Analisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan dengan analisis regresi linier ganda. Analisis regresi ini menghasikan nilai F hitung dan p dan juga nilai t hitung dan p untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengasuhan orangtua memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,135, p = 0,002). Variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,135, p = 0,002). Variabel pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan pengaruh yang bermakna (signifikan) terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (F hitung = 44,176, p = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional siswa, semakin baik pula kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengasuhan orang tua, kecerdasan emosional, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item View Item