PELAKSANAAN KEGIATAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DAN REMAJA DI PANTI ASUHAN “AL-HIKMAH SEJALAN” PLUPUH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tari Dwi Wulandari, Tari (2016) PELAKSANAAN KEGIATAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DAN REMAJA DI PANTI ASUHAN “AL-HIKMAH SEJALAN” PLUPUH WUKIRSARI CANGKRINGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Tari Dwi Wulandari_12102241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan sebagai upaya pengembangan perilaku sosial anak dan remaja di Panti Asuhan “Al-Hikmah Sejalan”, (2) Hasil pelaksanaan kegiatan pendidikan sebagai upaya pengembangan perilaku sosial anak dan remaja di Panti Asuhan “Al-Hikmah Sejalan”, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan pendidikan sebagai upaya pengembangan perilaku sosial anak dan remaja di Panti Asuhan “Al-Hikmah Sejalan”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak dan remaja, tenaga pendidik, pimpinan dan kepala Panti Asuhan “Al-Hikmah Sejalan” serta pemangku kepentingan di Dusun Wukirsari Cangkringan Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan yang ada di panti dilakukan di luar dan di dalam lingkungan panti. Pendidikan di luar panti dilaksanakan dengan cara anak difasilitasi untuk mengikuti kegiatan pendidikan formal di sekolahnya masing-masing. Kegiatan pendidikan di dalam Panti Asuhan terdiri dari : (a) Pendidikan Agama Islam, (b) Pendidikan Kewirausahaan, (c) Pendidikan Lingkungan Hidup, (d) Pendidikan Keolahragaan, dan (e) Pendidikan Keterampilan. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan pendidikan di panti asuhan “Al-Hikmah Sejalan” adalah adanya perkembangan perilaku sosial anak diantaranya : (a) Kerja sama, (b) Rajin, (c) Jujur, (d) Hemat, (e) Tanggung jawab, (f) Mandiri, (g) disiplin, (h) teladan, (i), ramah, (j) suka menolong dan bijaksana. (3) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan yaitu : (a) Adanya dukungan dari masyarakat sekitar. (b) komitmen pengajar dan pengurus, (c) adanya pengajar, (d) Adanya fasilitas dan sarana kegiatan, (e) Adanya motivasi belajar anak. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu : (a) Alokasi waktu belajar yang relatif singkat, (b) Kegiatan pembelajaran belum terprogram secara baik. Kata kunci : pelaksanaan, kegiatan pendidikan, perilaku sosial anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Mar 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30193

Actions (login required)

View Item View Item