Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika pada Materi Jarak, Waktu, dan Kecepatan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Glagah Yogyakarta

Indaryati, Indaryati (2014) Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika pada Materi Jarak, Waktu, dan Kecepatan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Glagah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indaryati-12712259016.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa komik pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Glagah pada soal cerita yang berhubungan dengan terutama materi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri atas sembilan tahap, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan,(8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Glagah Yogyakarta. Subjek uji coba satu-satu terdiri atas tiga orang siswa. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri atas sembilan orang siswa yang belum terlibat dalam uji coba satu-satu, dan subjek uji lapangan terdiri atas 54 orang siswa dari kelas VB dan kelas VC. Penelitian ini menghasilkan media komik pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada soal cerita yang berhubungan dengan materi jarak, waktu, dan kecepatan. Hasil validasi media komik pembelajaran matematika yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Media yang dikembangkan ini mendapatkan penilaian dari para ahli dengan kategori baik. Pembelajaran dengan menggunakan media komik pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,65 dan prestasi belajar siswa sebesar 0,73, dengan skala gain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media komik, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2016 10:17
Last Modified: 09 May 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30187

Actions (login required)

View Item View Item