Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program-program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Kapinteran, Semanu, Gunungkidul

Hermawan, Yudan (2015) Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program-program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Kapinteran, Semanu, Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yudan-hermawan-13704251038.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahapan, 2) bentuk, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi, dan 4) strategi pengembangan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program PKBM Ngudi Kapinteran, Semanu, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penggelola, warga belajar, serta masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian ini dengan dibantu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Tahapan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program PKBM Ngudi Kapinteran Semanu, Gunungkidul dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pemanfaatan hasil. (2) Bentuk partisipasi masyarakat PKBM Ngudi Kapinteran dalam penyelenggaraan program-program terbagi dalam dua bentuk fisik yaitu material dan tenaga dan non fisik yaitu ide. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program PKBM Ngudi Kapinteran Semanu, Gunungkidul yaitu faktor pendukung yang berupa budaya dan kebermanfaatan program sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan. (4) Strategi pengembangan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran program-program PKBM Ngudi Kapinteran, Semanu, Gunungkidul yaitu dengan komunikasi, keterlibatan masyarakat dan pemberdayaan komunitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, partisipasi masyarakat, pusat kegiatan belajar masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 08:31
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30147

Actions (login required)

View Item View Item