Implementasi Program Desa Vokasi Berbasis Pelatihan Kewirausahan Tata Boga Di Desa Grujugan, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas

Ikhsan, Norma laili (2016) Implementasi Program Desa Vokasi Berbasis Pelatihan Kewirausahan Tata Boga Di Desa Grujugan, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-norma-laili-ikhsan-13704251018.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi program pelatihan kewirausahaan tata boga di Desa Vokasi Grujugan; (2) Penilaian hasil penerapan pelaksanaan program pelatihan kewirausahaan tata boga dalam kegiatan usaha mandiri di Desa Vokasi Grujugan; (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan hasil pelaksanaan program pelatihan kewirausahaan tata boga dalam kegiatan usaha mandiri di Desa Vokasi Grujugan; (4) Dampak pelaksanaan program pelatihan kewirausahaan tata boga di Desa Vokasi Grujugan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengelola, tutor, peserta didik di Desa Vokasi Grujugan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi metode. Hasil penelitian mengungkapkan sebagai berikut.(1) Dalam implementasi pelatihan kewirausahaan tata boga Desa Vokasi Grujugan terdiri dari empat tahap sebagai berikut: (a) tahap persiapan, meliputi identifikasi kebutuhan dan potensi wilayah, penetapan pengurus dan tutor pelatihan, penentuan tempat pelatihan, penetapan peserta didik, perencanaan disain pelatihan, dan perencanaan evaluasi pembelajaran; (b) tahap pelaksanaan kegiatan pelatihan; (c) tahap monitoring dan evaluasi pelatihan; dan (d) tahap tindak yang dilakukan melalui pemberian modal usaha mandiri, pembuatan koperasi simpan pinjam, pendampingan usaha dan penguatan manajemen vokasi. (2) Penilaian hasil penerapan pelatihan kewirausahaan tata boga oleh peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan usaha dilakukan dengan pengamatan praktik kegiatan usaha mandiri. Melalui cara ini diperoleh data mengenai sikap peserta didik dalam menjalankan kegiatan usaha mandiri. (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan hasil pelatihan kewirausahaan tata boga oleh peserta didik dalam kegiatan usaha mandiri meliputi faktor yang bersifat mendukung yaitu: motivasi dan kesungguhan dalam berusaha, perencanaan dan pendampingan usaha, kemampuan mengenal peluang, kesempatan, dan kompetitor, lokasi usaha, pengawasan peralatan. Faktor yang bersifat menghambat yaitu: kurangnya pengalaman, kemampuan manajerial dan SDM; kurangnya modal dan kurangnya kemampuan mengatur aliran kas; kemampuan menerima dan menghadapi resiko. (4) Dampak pelaksanaan program pelatihan kewirausahaan tata boga di Desa Vokasi Grujugan, meliputi: peningkatan ketrampilan (SDM), peningkatan kemampuan berwirausaha, dan terbukanya lembaga simpan pinjam, hasil produk barang atau jasa program desa vokasi laku dipasarkan (marketable), peningkatan status sosial, peingkatan aspek sosial ekonomi dan penurunan angka pengangguran

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi program, pelatihan, kewirausahaan, desa vokasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:40
Last Modified: 09 May 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

View Item View Item