PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PPL DI SMK N 1 SEDAYU

M Rizqon ‟, Afif (2016) PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PPL DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
M. RIZQON AFIF - 04502241004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PPL DI SMK N 1 SEDAYU Oleh : M Rizqon ‟Afif 04502241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi guru pembimbing terhadap pelaksanaan program PPL di SMKN 1 Sedayu yang dinilai dari delapan standar kompetensi mahasiswa program KKN-PPL yang telah ditetapkan oleh UPPL UNY. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tercapainya standar kompetensi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 responden. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 15.0 dengan taraf signifikan 5%. Koefisien alpha instrumen memahami karakteristik peserta didik sebesar 0,692, alpha cronbach untuk instrumen menguasai bidang studi sebesar 0,779, alpha cronbach untuk menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik sebesar 0,689, alpha cronbach untuk memiliki kepribadian sebagai guru sebesar 0,830, alpha cronbach untuk memahami dinamika kehidupan sekolah sebesar 0,588, alpha cronbach untuk memiliki kemampuan mengelola program kegiatan sebesar 0,668, alpha cronbach untuk memiliki kemampuan pemberdayaan sekolah sebesar 0,783, dan alpha cronbach untuk memiliki potensi life skill sebesar 0,505. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi guru terhadap pelaksanaan program PPL di SMK N 1 Sedayu adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata skor dari delapan standar kompetensi yaitu 69,64% sehingga termasuk dalam kategori baik. Faktor pendukungnya adalah sebagian besar mahasiswa sudah berpengalaman dalam organisasi kampus, dan faktor penghambatnya adalah tidak berani melakukan program penyuluhan. Kata kunci: persepsi guru, program ppl, bantul vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Feb 2016 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30012

Actions (login required)

View Item View Item