Kompetensi Guru Fisika SMA Negeri Ditinjau dari Latar Belakang Akademik dan Non Akademik Guru Se-Kota Banjarmasin

Arif, Rifda Nur Hikmahwati (2016) Kompetensi Guru Fisika SMA Negeri Ditinjau dari Latar Belakang Akademik dan Non Akademik Guru Se-Kota Banjarmasin. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rifda-nur-hikmahwati-arif-13708251125.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) kompetensi guru fisika SMA Negeri Banjarmasin yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial; (2) kompetensi guru fisika SMA Negeri Banjarmasin jika ditinjau dari latar belakang akademik; (3) kompetensi guru fisika SMA Negeri Banjarmasin jika ditinjau dari latar belakang non akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menggunakan metode survei dengan mengambil subjek sebanyak 20 orang guru fisika tersebar di seluruh SMA Negeri Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan secara kuantitatif yang dikaitkan dengan hasil wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) kompetensi guru fisika SMA Negeri Banjarmasin yang terdiri dari kompetensi pedagogik dikategorikan sangat baik, kompetensi profesional dikategorikan sangat baik, kompetensi kepribadian dikategorikan sangat baik, dan kompetensi sosial dikategorikan sangat baik; (2) latar belakang akademik guru fisika SMA Negeri Banjarmasin memiliki peran terhadap kompetensi guru fisika SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi antara kompetensi guru dan latar belakang akademik guru fisika SMAN Banjarmasin yang kurang dari 0,05 yakni sebesar 0,039 dan; (3) latar belakang non akademik guru fisika SMA Negeri Banjarmasin tidak memiliki peran terhadap kompetensi guru fisika SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi antara kompetensi guru dan latar belakang non akademik guru fisika SMAN Banjarmasin yang lebih dari 0,05 yakni sebesar 0,587.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru Fisika SMA, latar belakang akademik, non akademik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 02:52
Last Modified: 09 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item View Item