PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA KELAS XI SMAN I JOGONALAN UNTUK MELANJUTKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI TAHUN AJARAN 2015/2016

Ardi Aryanto, Elfin (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA KELAS XI SMAN I JOGONALAN UNTUK MELANJUTKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Elfin Ardi Aryanto_11404244034_Pend Ekonomi_FE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pendapatan orang tua terhadap minat siswa kelas XI SMAN I Jogonalan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, motivasi belajar dan pendapatan orang tua. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN I Jogonalan angkatan 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. Berdasarkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,908 atau 90% dapat diartikan bahwa 90,8% minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh motivasi belajar, dan pendapatan orang tua, sedangkan sisanya sebesar 10,% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:49
Last Modified: 30 Jan 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29729

Actions (login required)

View Item View Item